• 0895-9488-0228
  • humasmtsn28jakarta@gmail.com

PERKUAT KESADARAN SHOLAT PESERTA DIDIK, MTS 28 ADAKAN PERINGATAN ISRO MIROJ NABI MUHAMMAD SAW

Perayaan isro miroj Nabi Muhammad SAW merupakan hal yang penting untuk mengukuhkan kesadaran pentingnya perintah sholat fardhu nbagi peserta didik madrasah, khususnya MTs N 28 Jakarta. Untuk keperluan tersebut, MTs N 28 mengadakan peringatan Isro Miroj Nabi Muhammad SAW 27 Rajab pada Kamis, 23 Februari 2023, yang berlangsung mulai pukul 08.00 WIB hingga menjelang dhuhur.

Acara peringatan Isro Miroj diikuti oleh seluruh civitas akademik MTs N 28 Jakarta. Untuk kali ini, acara Isro Miroj dilaksanakan secara outdoor di halaman utama. Biasanya acara tersebut dilaksanakan secara indoor di dalam Masjid Umar Bin Abdul Aziz MTs N 28 Jakarta. Hal ini agar suasana lebih segar dan ruang acara terasa lebih luas. Tema kegiatan Iso Miroj kali ini adalah “Sholat sebagai perisai kehidupan berbangsa dan bernegara”

Pada acara peringatan  Isro Miroj 1444 H/ 2023 ini panitia mengundang penceramah muda yang cukup kondang, Ustadz Ahmad Fikriyansyah, S.Pd.I dari Jakarta. Acara di awali dengan pembacaan tahlil, dilanjutkan dengan pembacaan Maulid Albarzanji. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan sambutan. Sambutan utama dari Ketua Komite MTs N 28 Jakarta, Dr. Juju Saefullah, M.Ag. Dalam sambutannya ketua komite mengucapkan terimakasih kepada panitia sehingga acara dapat berlangsung dengan baik, walaupun dalam suasana hujan. Ketua komite menyatakan akan selalu mendukung kegiatan madrasah yang bertujuan memajukan mutu madrasah. Selain itu ketua komite juga menyampaikan kekaguman atas penampilan bakat dan kemampuan siswa MTs N 28 yang bagus dan memukau.

Selanjutnya sambutan kepala madrasah MTs N 28 Jakarta, yang diwakili oleh Ida Farida, M.Pd, selaku wakil bidang kesiswaan. Dalam sambutannya wakil kepala madrasah menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang berperan atas terlaksananya peringatan Isro Miroj Nabi Muhammad SAW, baik para guru, siswa dan terutama juga komite madrasah, yang telah menguasahakan pembiayaan sehingga acara Isro Miroj yang dilaksanakan secara outdoor bisa berjalan sesuai harapan bersama. Bu Ida juga berharap agar kegiatan PHBI ini bisa memotivasi peserta didik lebih aktif dalam kegiatan eskul yang bersifat mengembangkan bakat dan minat. Terakhir, Bu Ida menyampaikan permohonan maaf apabila di dalam acara ini terdapat hal yang kurang berkenan, seraya berharap agar ke depan lebih baik lagi.

Pada acara puncak, taushiyah agama, Ustad Ahmad Fikriyansyah menyampaikan pesan keagamaan terkait peristiwa Isro dan Miroj Nabi Muhammad SAW. Diantaranya pentingnya memahami dan melaksanakan sholat sebagai perintah agama, juga sholat sebagai washilah yang menghubungkan hamba dengan sang kholiq, Allah SWT. Menurut Ustad Fikri, panggilan akrab penceramah, sholat yang benar akan menghantarkan sesorang pada sikap dan perilaku yang sholeh, yang dapat membentengi diri dari godaan perilaku yang dapat merusak.

Hal yang membuat acara peringatan Isro Miroj ini meriah adalah semarak penampilan pengisi acara dari para peserta didik. Acara Isro Miroj ini menjadi ajang penampilan bakat peserta didik yang tergabung dalam  eskul madrasah, seperti eskul marawis yang membawakan nasyid pembuka acara serta mebacakan Rawi Al Barzanji. Selain itu penampilan yang cukup memukau dari eskul seni music yang membawakan lagu “Ya Maulana” dalam format akustik, pembacaan puisi reliji oleh Dhella dan Akhdan yang menyentuh hati. Dan yang tak kalah memukau adalah ceramah agama oleh peserta didik Adinda yang cukup berisi dan kocak sehingga jamaah yang mendengar menjadi antusias. Selain itu acara menjadi terasa menyenangkan karena dipandu oleh duo MC Anne Putri dan nayla Rizki. Perform kedua MC tampak matang seperti MC MC di televisi.

Acara peringatan Isro Miroj nabi Muhammad berkahir menjelang waktu dhuhur dan ditutup dengan doa bersama. Peserta didik melaksanakan sholat dhuhur berjamaah, menikmati paket makan siang dan Kembali ke rumah masing masing. Sementara dewan guru dan komite madrasah serta penceramah beramah tamah menikmati hidangan alakadarnya. Seluruh rangkaian acara berjalan dengan baik sesuai harapan bersama.

0