• 0895-9488-0228
  • humasmtsn28jakarta@gmail.com

TINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM IKM, MTSN 28 JAKARTA ADAKAN IN HOUSE TRAINING PENYUSUNAN MODUL AJAR

Kompetensi pendidik adalah hal yang utama dalam mewujudkan  pembelajaran yang berkualitas serta dalam menerjemahkan kurikulum pendidikan. Terlebih dalam kurikulum merdeka yang masih relatif baru sehingga penguasaan guru atas materi tersebut menjadi penting. Untuk kepentingan hal tersebut MTs N 28 Jakarta mengadakan in house training  penyusunan modul ajar sebagai implementasi kurikulum merdeka.

In house training terrsebut dilaksanakan pada Selasa, 7 Maret 2023, yg berlangsung dari pagi hingga sore hari. Training tersebut diikuti oleh seluruh guru serta guru guru dari madrasah lain yang tergabung dalam KKM MTs N 28 Jakarta. Untuk training tersebut MTs N 28 bekerja sama dengan lembaga konsultan dan pelatihan di bidang pendidikan HAFECS (Highly Functioning Education Consulting Services) yang menghadirkan mentor dan narasumber nasional Ubaidillah, S.Pd.

Acara dibuka oleh Kepala Madrasah MTN 28 Jakarta, Hj. Siti Husnah, M.Pd. Dalam sambutan pembukaannya kepala madrasah  mengatakan bahwa training ini sangat penting karena sangat membantu guru dalam mempersiapkan perangkat ajar kurikulum merdeka. Selain itu training ini penting karena menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya sehingga diharapkan bisa memberikan wawasan yang luas dan mendalam.

Selanjutnya, masuk sesi materi utama, Ubaidillah mengawali materi training dengan ajakan refleksi tentang jati diri manusia sebagai makhluk dengan  fitrahnya yang mampu berfikir dan mampu mengartikulasikan bahasa. Kemudian dilanjutkan dengan refleksi guru sebagai pendidik sekaligus sebagai pengajar yang idealnya mampu merubah akhlak sekaligus mentranfer pengetahuan dan keterampilan.

Materi utama yang disampaikan adalah penyusunan modul ajar. Pada sesi ini Ubaidillah menyampaikan konsep dan teknik penyusunan modul ajar yang memadukan pendekatan PCK (Pedagogy and Content Knowledge) dengan kontek belajar peserta didik. Dengan menggunakan PCK dan kontek belajar siswa maka diharapkan pembelajaran yang dilakukan oleh guru akan tepat sasaran, menantang sekaligus menyenangkan. Dalam sesi ini kegiatan berlangsung cair namun dinamis, karena sepanjang penyampaian materi selalu diselingi dengan dialog dan refleksi.

Acara selsai tepat pukul 15.00 dan diakhiri dengan ramah tamah dan foto Bersama.

0