• 021-48701235
  • mtsndualapanjakarta@gmail.com

MTS N 28 TERPILIH MENJADI TEMPAT PENYELENGGARAAN FESTIVAL MAIN SAINS NUSANTARA

Sabtu, 12 Oktober 2024  MTsN 28 Jakarta Timur mendapat kehormatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Festival Main Sains Nusantara yang diselelenggarakan oleh  Kampus Pemimpin Merdeka (KPM) dan PT MERCK. KPM merupakan lembaga yang bergerak dalam bidang pengembangan ekosistem pendidikan atau sekolah yang berkualitas, berkelanjutan serta mewujudkan kampus merdeka belajar. Adapun PT Merck meruapakan Perusahaan asal Jerman yang bergerak dalam pengembangan sains dan teknologi terkemuka di bidang healthcare, life science and performance materials. Merck Indonesia berusaha berpartisipasi aktif dalam mencari solusi untuk meningkatkan standar hidup masyarakat Indonesia sejak perusahaan berdiri tahun 1970. Salah satu kegiatan Merck adalah mensosialisasikan model STEM, yaitu model pembelajaran yang mengintegrasikan empat bidang ilmu terdiri atas sains, teknologi, teknik, dan matematika dalam pembelajaran.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan di MTsN 28 Jakarta adalah kegiatan pameran karya siswa berbasis STEM dari proyek P5 yang disajikan oleh peserta pameran. Sementara jumlah peserta terdiri dari 20 sekolah yang meliputi jenjang, baik SD/MI dan SMP/MTs. Sebelum acara ini berlangsung, sebelumnya beberapa sekolah di Jakarta Timur telah mengikuti sosialisasi kegiatan festival ini sejak 3 bulan yg lalu. Sementara sebanyak 12 sekolah yang hari ini berpartisipasi dalam pameran Main Sains Nusantara adalah peserta terpilih merupakan hasil proses seleksi berdasarkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan di sekolah.

Acara Festival Main Sains Nusantara Dihadiri oleh perwakilan dari Lembaga KPM dan PT Merck, pengawas madrasah Jakarta Timur, Jakarta Pusat, dan Jakarta Utara, serta sekolah sekolah yang tergabung dalam komunitas pengembangan model STEM yang dilaksankan oleh PT Merck dan KPM.

Acara dimulai pagi hari, diawali dengan seremonial pembukaan Dimana disana disajikan tarian tradisional Nusantara Betawi dan Jawa Barat oleh beberapa siswa SD di Jakarta Timur. Kemudian dilanjutkan dengan acara Talk Show dan sharing Best Practice dari beberapa sekolah yang sudah berhasil menyelenggarakan projek P5 berbasis model STEM.

Hal yang membanggakan bagi keluarga MTsN 28 Jakarta adalah selain menjadi tuan rumah penyelenggara, MTSN 28 Jakarta juga menjadi partisipas atau peserta pameran hasil karya siswa, dan menjadi narasumber talkshow dan sharing best practice. Untuk peserta pameran MTs N 28 Jakarta mengutus peserta didik kelas 7 yang menampilkan stand P5 berbasis STEM dengan menyajikan hasil karya projek bertemakan “Bangunlah Jiwa Dan Raganya”. Di stand tersebut disajikan hasil karya siswa berupa makalah hasil riset tentang bullying di kalangan remaja dan pelajar, poster kampanye anti bullying dan lain lain.

Sementara perwakilan MTsN 28 Jakarta yang menjadi narasumber talkshow dan sharing best practice adalah Hj. Erna Sari Agusta, M.Pd, guru matematika sekaligus pegiat literasi di lingkungan MTsN 28 Jakarta. Erna juga aktif dalam komunitas pembelajar serta MGMP matematika. Bersama dengan narasumber dari sekolah lain, Erna berbagi pengalaman bagaimana mengelola projek P5 dengan mengenalkan model STEM di dalam pelaksanaannya.

Selain acara takshow juga diadakan wawancara dan sharing pengalaman siswa dalam melaksanakan projek P5 berbasis STEM. Disini diambil 2 sekolah sebagai perwakilan dan MTsN 28 menjadi salah satu samplenya. Alya Nabila Safa, adalah siswa kelas 7 MTsN 28 yang diminta oleh penyelenggara  Festival Main Sains Nusantara tampil menjadi salah satu narasumber berbagi pengalaman projek P5. Luar biasa, Alya mampu berbicara dengan sangat runtut, jelas dan cukup detil menjelaskan bagaimana dia Bersama timnya melaksanakan projek P5 dengan tema bullying. Aplaus para tamu  festival pun cukup meriah mendengar kata kata lugas dari Alya.

Acara terakhir Festival Main Sains Nusantara adalah Stand Tour, dimana para tamu dipandu oleh panitia melakukan kunjungan dari satu stand ke stand yang lain. MTs N 28 jakarta menjadi stand pertama yang dikunjungi oleh para tamu. Dan disini para tamu serta perwakilan dari Merck dan KSM berkesempatan mewawancarai Alya dan kawan kawannya tentang stand yang disajikan dan pengalaman pengalaman selama melaksanakan projek.

Festival Main Sains Nusantara di MTs N 28 Jakarta diakhiri dengan kegiatan foto Bersama dan ramah Tamah. (Humas)