• 021-48701235
  • mtsndualapanjakarta@gmail.com

AJARKAN MEKANISME BERDEMOKRASI, MTSN 28 JAKARTA SUKSES GELAR PEMILIHAN KETUA OSIS PERIODE 2024-2025

Hari ini, Senin, 7 September 2024, MTsN 28 Jakarta menggelar kegiatan pemilihan ketua OSIS (pemilos) untuk periode 2024-2025. Ada 3 calon yang bersaing dalam pemilos kali ini, yaitu pasangan :

  1. Gani Akim Ansari & Anjani Nur Andrian
  2. Arjuna Pratama & Aisyandini Sekar Kirana
  3. Miftahul Farhan Alimudin & Rumaisha Naila Fakhira

Ketiga calon tersebut telah melalui serangkaian seleksi, baik lisan (wawancara) maupun tertulis (psikotes dan wawasan keorganisasian). Selain itu juga ada uji kecakapan dalam hal keterampilan bicara dan bakat seni. Selain itu ketiga pasalangan calon ketua OSIS tersebut juga telah melewati serangkaian kampanye, baik kampanye indoor (class visit) serta kampanye terbuka dan debat publik terkait visi misi serta program dan isu remaja kekinian.
Acara pemilos dibuka oleh kepala Madrasah H. Wisnu Arniady, S.Pd, M.Pd. Kepala madrasah menyampaikan selamat kepada ketiga kandidat yang terpilih dan siap berkompetisi. Mereka tentu saja adalah perserta didik terbaik yang terseleksi dari sekian banyak bakal calon paslon ketua wakil ketua OSIS. Kepala Madrasah juga mekankan bahwa pemilos adalah pembelajaran berpolitik dan berdemokrasi bagi peserta didik. Pemilos merupakan miniatur pilkada, pilpress dan pileg yang suatu saat ketika peserta didik telah dewasa akan mereka ikuti. Terakhir kepala madrasah mengucapkan selamat memilih kepada peserta didik pada pasangan terbaik menurut keyakinan masing masing dan hindari golput.

Sebelum pemungutan suara dilakukan, terlebih dahulu peserta didik disuguhi penampilan pembuka dari Eskul hadroh serta Eskul Pencak Silat. Kedua penampilan tim eskul tersebut ternyata cukup memukau para peserta didik, sehingga mereka bersorak sorai dan memberikan aplus.
Tahapan pemungutan suarapun dilaksankan dengan prosedur seperti prosesi dalam pilkada atau pilpres. Peserta didik kelas 7, 8 dan 9 yang berjumlah sekitar 530 ditambah guru dan tenaga kependidikan tampak antusias mengikuti pemungutan suara. Diawali oleh kepala madrasah, dewan guru dan staf tata usaha, kemudian peserta didik melakukan pemungutan suara yang dimulai dengan pendaftaran atau mengisi daftar hadir, menerima kartu suara, mencoblos kartu suara di b8ilik suara, kemudian dilanjutkan dengan memasukkan kartu suara ke dalam kotak suara serta diakhiri dengan mencelupkan jari tangan ke dalam tinta sebagai tanda peserta didik telah melakukan pencoblosan.
Selesai pencoblosan/pemungutan suara dilanjutkan dengan penghitungan suara. Momen ini merupakan momen yang ditunggu oleh ketiga kandidat, tim sukses serta para pendukung masing masing paslon. Suasana sangat damai dan dipenuhi sorak sorai dan yel yel antar para pendukung kandidat paslon. Dan setelah melalui penghitungan suara yang cukup lama didapat hasil perolehan suara sebagai berikut :

  1. Gani Akim Ansari & Anjani Nur Andrian meraih 220 suara
  2. Arjuna Pratama & Aisyandini Sekar Kirana meraih 69 suara
  3. Miftahul Farhan Alimudin & Rumaisha Naila Fakhira meraih suara 275 suara.

Adapun suara tidak sah sebanyak 18 suara. Dengan hasil perolehan tersebut maka paslon pemenang pemilos periode 2024/2025 adalah pasangan Miftahul Farhan Alimudin & Rumaisha Naila Fakhira. Pasangan tersebut diberikan kesempatan menyampaikan sambutan kemenangan. Farhan dan Rumaisha menyampakan terima kasih kepada para guru yang telah membimbing serta kepada tim sukses dan para pendukung yang telah memenangkan pemilos. Pasangan terpilih tersebut juga menyampaikan tekad untuk mngemban Amanah kepemimpinan dengan sebaik baiknya.

Tahapan selanjutnya adalah pelantikan ketua OSIS yang akan dijadwalkan kemudian.

(Humas)